Pengertian Sejarah Menurut Etimologi dan Para Ahli
Pengertian Sejarah Menurut Etimologi dan Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Etimologi dan Para Ahli

Baca definisi/pengertian Sejarah secara etimologi (Dalam bahasa Arab, Dalam Bahasa Latin dan Yunani, dan Berdasarkan Bahasa Indonesia) dan Menurut Para Ahli. Definisi/pengertian/arti Sejarah menurut Moh Ali, Ibnu Kaldun, Kunto Wijoyo,dan Herodotus. cari informasi blogging, tutorial, dan pelajaran hanya di WAO Tiperial [Ayberonta].

ok, what's up guys. kali ini admin akan memberikan catatan mengenai Pengertian Sejarah Menurut Etimologi dan Para Ahli. Bagi kalian yang sudah masuk SMA/SMK/yang sejajar terutama pada anak IPS, kalian akan diberi pertanyaan "Apa itu Sejarah ?" "Apa pengertian Sejarah menurut etimologi ?" "Dan Apa pengertian Sejarah menurut Para ahli?" kira-kira Seperti itu teman-teman. lalu, qpa sih di benak kawan-kawan mengenai Sejarah ? apakah hanya mempelajari masalalu ? sebenarnya tidak salah.

Maka dari itu di catatan kali ini saya akan membahas beberapa pengertian Sejarah. Sehingga membantu kalian belajar Sejarah/mengerjakan soal Sejarah?/pun pertanyaan dari guru killer kalian. Ok kita akan langsung membahasnya.

Pengertian Sejarah Menurut Etimologi dan Para Ahli

  • Dalam bahasa Arab
  • Sejarah berasal dari kata syajaratun yang artinya pohon. Dikatakan sebagai pohon sebab pohon akan terus tumbuh dan berkembang dari tingkat yang lebih kompleks/maju. Sejarah seperti pohon yang berkembang dari akar sampai ke ranting yang paling kecil.

  • Dalam Bahasa Latin dan Yunani
  • Historia artinya pencarian/informasi, dapat juga diartikan sebagai ilmu.

  • Berdasarkan Bahasa Indonesia
    1. Sejarah adalah silsilah atau asal usul.
    2. Sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, serta
    3. Sejarah adalah ilmu, pengetahuan, dan cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
  • Menurut para ahli
    1. Moh Ali
      1. Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa, dalam kenyataan sekitar kita.
      2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
    2. Ibnu Kaldun
    3. Sejarah adalah perputaran waktu, rangkaian periatiwa dan pergantian kekuasaan. Ibnu Kaldun juga menyatakan bahwa Sejarah adalah suatu perubahan kritis dan usaha cermat untuk mencari kebenaran, serta bagaimana peristiwa terjadi.

    4. Kunto Wijoyo
    5. Mendefinisikan Sejarah sebagai rekontruksi masa lalu. Hasil rekontruksi bukan hanya untuk kepentingan masa lalu, hasil rekontruksi juga untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.

    6. Herodotus
    7. Menurutnya Sejarah tidak berkembang ke arah depan serta dengan tujuan yang pasti. Sejarah bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.

    8. Moh Hatta
    9. Menyatakan bahwa Sejarah dalam wujudnya memberikan pengertian tentang masa lampau. Ditegaskan juga bahwa sejarah tidak sekedar masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung dinamika. Dinamika tersebut dimungkinkan berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.

    Penutup

    demikian Pengertian Sejarah Menurut Etimologi dan Para Ahli. semoga kalian bisa menjawab pertanyaan dari Guru,soal, dan menjadi jelas.

    spesial tanks for : semua yang sudah mensuport, sehingga bisa menjadi artikel.

    cari informasi blogging, tutorial, dan pelajaran hanya di WAO Tiperial. keyword : Baca definisi/pengertian Sejarah secara etimologi (Dalam bahasa Arab, Dalam Bahasa Latin dan Yunani, dan Berdasarkan Bahasa Indonesia) dan Menurut Para Ahli. Definisi/pengertian/arti Sejarah menurut Moh Ali, Ibnu Kaldun, Kunto Wijoyo,dan Herodotus.

    Agan sudah membaca Pengertian Sejarah Menurut Etimologi dan Para Ahli silahkan beri tanggapannya dengan komentar. Dan bagi kalian yang suka dan ingin berbagi silahkan share ke teman-teman kalian. Serta bagi kalian yang suka artikel-artikel di WAO Tiperial silahkan follow/like media social kami. Semoga bermanfaat, Happy Studying.

    Advertisement

    Baca juga:

    Admin
    learn wherever and whenever you learn to be better
    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

    2 comments

    Artikel sangat bermanfaat, recommended buat yang sebentar lagi mau ujian..
    Tetap berkarya gan.

    Balas delete

    artikel yang bermanfaat gan, lanjutkan.

    Balas delete

    mau komen apa gan ?
    dilarang :
    -comment berbau sara, kata" kotor, dan
    -comment link aktif maupun tidak tanpa seizin admin

    silahkan tanya/saran/kritik anda
    tanks~