Pengertian Ilmu ekonomi secara etimologi dan Menurut Para Ahli
Pengertian Ilmu ekonomi secara etimologi dan Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu ekonomi secara etimologi dan Menurut Para Ahli

Baca definisi/pengertian Ekonomi secara etimologi dan Menurut Para Ahli. Definisi/pengertian/arti Ekonomi menurut Mankiw, P.A Samuelson, Amwal, Khursid Ahmad,  Khursid Ahmad, Aristoteles, Samuekon, Lipsey, M. Manullang, Von Neumann dan Mogenster,dan Alfred Marshal.[WAO Tiperial - Ayberonta]-[Tutorial, Blog, dan Pelajaran, serta E-book]

ok, what's up guys. kali ini admin akan memberikan catatan mengenai Pengertian Ilmu ekonomi secara etimologi dan Menurut Para Ahli. Bagi kalian yang sudah masuk SMA terutama pada anak IPS, kalian akan diberi pertanyaan seperti apa itu ekonomi ? Apa pengertian ekonomi menurut etimologi ? Dan Apa pengertian Ekonomi menurut Para ahli? Seperti itu teman-teman. Maka dari itu di catatan kali ini saya akan membahas beberapa pengertian ekonomi. Sehingga membantu kalian belajar Ekonomi/mengerjakan soal Ekonomi?/pun pertanyaan dari guru killer kalian. Ok kita akan langsung membahasnya.

Pengertian Ilmu ekonomi secara etimologi dan Menurut Para Ahli

1. Pengertian ekonomi secara etimologi

ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos berarti aturan dan Nomos berarti rumah tangga. Jadi, ekonomi merupakan aturan-aturan rumah tangga.

2. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

  • Mankiw
  • dalam buku mikro dan makro (Putong, 2013) = "Economic is the study of how society manages its scarce rosources" yang berarti "Studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya sumber daya yang selalu terbatas dan langka."

  • P.A Samuelson
  • dalam buku ilmu ekonomi (Sukirno, 2012) = "Ilmu ekonomi adalah sesuatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan jenis barang dan berbagai cara untuk menghasilkan berbagai cara untuk menghasilkan jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan dimasa depan kepada berbagai individu, dan golongan masyarakat."

  • Amwal
  • Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu atau masyarakat.

  • Khursid Ahmad
  • Ekonomi adalah suatu usaha yang mensistematiskan dan memahami segala permasalahan perekonomian dan segala macam perilaku manusia dengan permasalah tersebut berdasarkan perspektif ISLAM.

  • Aristoteles
  • Ekonomi adalah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin bisa dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.

  • Samuekon
  • Ekonomi adalah suatu studi yang menganalisis segala macam kerugian dan keuntungan yang mengikat semua pola tertentu dalam memanfaatkan penggunaan sumber daya.

  • Lipsey
  • Ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan segala sumber daya yang langka untuk memenuhi segala kebutuhan manusia yang tak pernah berujung atau tidak terbatas.

  • M. Manullang
  • Ekonomi merupakan suatu studi yang membahas mengenai aktivitas masyarakat dalam upaya untuk mencapai segala kemakmuran dimana kemakmuran tersebut suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi segala kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

  • Von Neumann dan Mogenstern
  • Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang sayang sekali jika tak diperlakukan secara tidak ilmiah karena semua tokohnya sudah sibuk mengurusi berbagai macam solusi supaya dapat menghadapi segala permasalahan mendesak pada zaman itu.

  • Alfred Marshall
  • Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai segala kehidupan manusia dalam sehari-hari.

    Penutup

    demikian Pengertian Ilmu ekonomi secara etimologi dan Menurut Para Ahli. semoga kalian bisa menjawab pertanyaan dari Guru,soal, dan menjadi jelas.

    Agan sudah membaca Pengertian Ilmu ekonomi secara etimologi dan Menurut Para Ahli silahkan beri tanggapannya dengan komentar. Dan bagi kalian yang suka dan ingin berbagi silahkan share ke teman-teman kalian. Serta bagi kalian yang suka artikel-artikel di WAO Tiperial silahkan follow/like media social kami. Semoga bermanfaat, Happy Studying.

    Advertisement

    Baca juga:

    Admin
    learn wherever and whenever you learn to be better
    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

    4 comments

    Bagus Blognya mendidik

    Balas delete

    Iya gan, thx kunjungannya^^

    Balas delete

    Trimakasih banyak atas pengertian dan pebjelasanya terutama mengenai ekonomi dan sudah di jelaskan secara detail dan sangat membantu saya mendapatkan informasi

    Balas delete

    Wah menarik nih jadi inget jaman SMP pertama kali belajar ekonomi.

    Balas delete

    mau komen apa gan ?
    dilarang :
    -comment berbau sara, kata" kotor, dan
    -comment link aktif maupun tidak tanpa seizin admin

    silahkan tanya/saran/kritik anda
    tanks~